Rabu, 27 November 2013

AKIDAH Imam al-Bukhari ; Allah Ada Tanpa Tempat Dan Tanpa Arah



  • Imam al-Bukhari ; Allah Ada Tanpa Tempat Dan Tanpa Arah

Aqidah Rasulullah, para sahabatnya, para ulama salaf saleh, dan aqidah mayoritas umat Islam; Ahlussunnah Wal Jama‘ah ialah bahwa Allah ada tanpa tempat dan tanpa arah. Kita akan banyak menemukan pernyataan para ulama terkemuka dari generasi ke generasi dalam menetapkan keyakinan suci ini. Keyakinan bahwa Allah ada tanpa tempat dan arah juga merupakan keyakinan Syaikhul Muhadditsin al-Imam Abu ‗Abdillah Muhammad ibn Isma‘il
al-Bukhari (w 256 H), penulis kitab yang sangat mashur; Shahih al-Bukhari. Para ulama yang datang sesudah beliau yang menuliskan syarh bagi kitabnya tersebut menyebutkan bahwa al- Imam al-Bukhari adalah seorang ahli Tauhid, beliau mensucikan Allah dari tempat dan arah. Salah seorang penulis Syarh Shahih al-Bukhari, as-Syekh ‗Ali ibn Khalaf al-Maliki yang
dikenal dengan Ibn Baththal (w 449 H) menuliskan sebagai berikut:
غرض البخاري في هذا الباب الرد علي الجهمية المجسمة في تعلقها بهذه الظواهر ,وقد تقرر أن الله ليس بجسم فلا يحتاج الي مكان يستقر فيه ,فقد كان ولا مكان ,إنما أضعاف المعارج إليه اضافه تشريف,و معنى الارتفاع إليه إعتلائه أي تعاليه مع تنزيه عن المكان
Tujuan al-Bukhari dalam membuat bab ini adalah untuk membantah kaum Jahmiyyah Mujassimah, di mana kaum tersebut adalah kaum yang hanya berpegang teguh kepada zhahir-zhahir nash. Padahal telah ditetapkan bahwa Allah bukan benda, Dia tidak membutuhkan kepada tempat dan arah. Dia Ada tanpa permulaan, tanpa arah dan tanpa tempat. Adapun penisbatan ―al-Ma‘arij‖ adalah penisbatan dalam makna pemuliaan (bukan
dalam pengertian Allah di arah atas). Juga makna ―al-Irtifa‘‖ adalah dalam makna bahwa Allah maha suci, Dia maha suci dari tempat‖ (Fath al-Bari, j. 13, h. 416). Pernyataan Ibn Bathal ini dikutip oleh al-hafizh Ibn Hajar al-‗Asqalani dalam Fath al-Bari dan disepakatinya. Dengan demikian berarti keyakinan Allah ada tanpa tempat adalah merupakkan keyakinan para ahli hadits secara keseluruhan. INGAT, jangan pernah anda berkayakinan bahwa Allah berada di atas arsy atau berada di langit. mustahil Allah bertempat pada makhluk-Nya sendiri. Arsy dan langit adalah makhluk Allah.
 ALLAH ADA TANPA TEMPAT DAN TANPA ARAH.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar